Friday, June 5, 2015

Program Kerja,Kepengurusan, dan SK Pembentukan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MA Putri Al Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat NTB






https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5PAnEVEAnw5P9rrYAN229djVPqM-OUeWe_Dd1jvrDs36fTqEjWqr75hQbEO-HbvdKJl5a8TzU5T1k1_JHUeuaIT-BfeMBNwG2S9n7hBYTy3eW64ZgQFJDHwOz3R_n6HEQbjwLQwzlUew/s200/lLOGO_UKS.jpg
PROGRAM KERJA
TIM PELAKSANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH
MA PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT
TAHUN PELAJARAN 2014/2015










https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5PAnEVEAnw5P9rrYAN229djVPqM-OUeWe_Dd1jvrDs36fTqEjWqr75hQbEO-HbvdKJl5a8TzU5T1k1_JHUeuaIT-BfeMBNwG2S9n7hBYTy3eW64ZgQFJDHwOz3R_n6HEQbjwLQwzlUew/s200/lLOGO_UKS.jpg
PROGRAM KERJA
TP-UKS MA PUTRI AL ISHLAHUDDINY
TAHUN PELAJARAN 2014-2015
LATAR BELAKANG
Misi pendidikan nasional selama lima tahun yang akan datang sebagaimana tercantum dalam Garis- Garis Besar Haluan Negara (GBHN) Tahun 1999 diarahkan untuk mewujudkan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu. Hal ini ditujukan agar peserta didik memiliki akhlak mulia, bersifat kreatif dan inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas dan sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab, berketerampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Sejalan dengan misi pendidikan nasional tersebut dan merespon perkembangan global abad ke- 21, maka arah kebijaksanaan pendidikan nasional bisa dirumuskan dengan beberapa langkah. Pertama, mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi selurtuh rakyat Indonesia. Kedua, meningkatkan kemampuan akademik dan profesional serta jaminan kesejahteraan tenaga kependidikan. Ketiga, melakukan pembaharuan dan pemantapan sistem pendidikan. Keempat, memperdayakan lembaga pendidikan dan meningkatkan partisipasi keluarga dan masyarakat. Kelima, meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan terakhir, mengembangkan kuaalitas sumber daya manusia secara terarah, terpadu, dan menyeluruh.
Untuk mewujudkan madrasah sebagai Wiyatamandala perlu didukung adanya lingkungan kehidupan madrasah yang mencerminkan Hidup sehat dan didukung kondisi lingkungan yang kondusif yang pelaksanaannya dapat dilakukan dengan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan hidup sehat, yang pada gilirannya meningkatkan derajat kesehatan peserta didik yang optimal. Usaha pembinaan dan pengembangan tersebut menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Guru, Peserta Didik dan Masyarakat.
A. Dasar
  1. Ketetapan MPR RI No: II/MPR/1993 tentang Garis Garis Besar Haluan Negara.
  2. Undang Undang No: 23 Tahun 1992 tentang Pokok Pokok Kesehatan
  3. Undang Undang No. 32 Tahun 2004 tentang  Pemerintahan  Daerah.
  4. Undang Undang No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.
  5. Undang Undang RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  6. Peraturan Pemerintah No.7 Tahun 1987 tentang penyerahan sebagian urusan pemerintah di bidang kesehatan
    kepada Derah.
  7. Peraturan Pemerintah No. 72 Tahun 2005 tentang Pemerintahan Desa.
  8. Keputusan Bersama Mendikbud, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Mendagri No. 0408a/U/1984 dan Nomor 61 tahun 1984 tentang TIM Pembinaan UKS.
  9. Surat menteri dalam Negeri tanggal 28 Pebruari 1987 No. 445.1/829/PuoD tentang Pembentukan Tim Pembinaan
    UKS daerah.
  10. Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/179/KPTS/012/2001 tentang Tim Pembinaan UKS Propinsi Jawa Timur.
PERSIAPAN PELAKSANAAN UKS
Dalam rangka mewujudkan Lingkungan Sekolah Sehat maka Madrasah Aliyah Putri Al Ishlahuddiny mengadakan pembenahan mengingat bahwa UKS MA Putri Al Ishlahuddiny relative baru  sehingga sarana dan prasarana untuk mewujudkan Usaha Kesehatan Sekolah masih banyak kekurangan.
A. Keadaan Fisik Madrasah
1. Gedung
1.      Ruang Kepala Madrasah
2.      Ruang Kelas
3.      Ruang Guru
4.      Ruang Laboratorium
5.      Ruang Perpustakaan
6.      Ruang Ketrampilan/ BP
1.      Ruang Ibadah
2.      Ruang UKS dan kelengkapannya
3.      Warung madrasah
4.      Pagar Madrasah

2.  Sarana Sanitasi
1.      Sumber air bersih dan air minum.
2.      WC/Jamban/ Kamar Mandi siswa
3.      WC/Jamban/ Kamar Mandi Guru
4.      Tempat Cuci tangan/ Washtafel
5.      Pembuangan Sampah/ Air Limbah
3.  Halaman dan Pekarangan
1.      Halaman
2.      Pagar Madrasah
3.      Taman Madrasah
4.      Apotik Hidup
Peserta Didik dan Tenaga Kependidikan:
1. Peserta Didik
1.      Kebersihan pribadi peserta didik.
2.      Memiliki pengetahuan tentang UKS dan pola kebiasaan hidup sehat.
3.      Dapat melaksanakan kebiasaan hidup sehat dengan baik.
4.      Dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
2. Tenaga Kependidikan:
Bagi Kepala Madrasah, Tenaga Pendidik dan Pegawai Madrasah:
1.      Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan UKS.
2.      Penampilan rapi dan bersih
3.      Tidak melakukan hal- hal yang bertentangan dengan pola hidup sehat.
4.      Kesehatan jasmani dan rohani secara umum baik.
Pengaruh Timbal Balik antara Madrasah dan Masyarakat sekitarnya.
  1. Adanya motivasi siswa terhadap keluarga dalam melaksanakan usha kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah dan upaya berperilaku hidup bersih dan sehat.
  2. Adanya petugas PKK yang melaksanakan penyuluhan makanan sehat/ bergizi.
  3. Kerja bakti dan Bakti sosial di lingkungan madrasah dan masyarakat.

PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN UKS
MADRASAH ALIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
I.   Kegiatan yang berhubungan dengan kondisi fisik sekolah
A.  Gedung
    Dengan dukungan dari Pemerintah beserta partisipasi aktif komite sekolah/ masyarakat Madrasah Aliyah Putri Al Ishlahuddiny Kediri berusaha mewujudkan iklim pembelajaran yang kondusif. Untuk mendukung keberhasilan proses pendidikan yang efektif dan efisien maka diterapkan7 K (Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan dan Kesehatan ).
    Untuk mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat maka penataan ruangan diatur dinamis sehingga mampu digunakan untuk kegiatan pembelajaran sekaligus pengembangan bakat, minat dan kemampuan peserta didik.
    MA Putri Al Ishlahuddiny Kediri  pada tahun 2014 telah memiliki 9 Ruang Belajar, 1 Ruang Kepala Madrasah, 1 Ruang Perpustakaan, 1 ruang Laboratorium IPA, 1 Ruang Laboratorium Bahasa, 1 Ruang Ketrampilan/ Musik, 1 Ruang OSIS,1 Ruang Ibadah, 1 ruang Wakil Kepala Sekolah, 1 Ruang Tata Usaha, 1 Ruang Laboratorium Komputer, 1 Ruang UKS, Toilet Kereta  dan Kantin Madrasah.
B. Sarana Sanitasi
1.      Sumber air bersih dan air minum berasal dari PDAM Mataram NTB.
2.      Tempat Cuci Tangan disediakan di setiap ruang kelas untuk melatih anak menjaga kebersihan dilengkapi dengan serbet sehingga tertanam pola hidup bersih.
3.      Kamar Mandi/ WC, untuk siswa ada 6 buah sedangkan untuk Guru/ Karyawan sebanyak 2 buah yang selalu dijaga kebersihannya dengan membersihkannya setiap hari.
4.      Tempat  sampah, setiap  ruang kelas terdapat keranjang sampah selanjutnya dibuangditempat sampah yang terletak di belakang gedung.

C. Halaman & Pekarangan
1.      Halaman,halaman MA Putri Al Ishlahuddiny digunakan sebagai tempat Upacara Bendera dan kegiatan olah raga atletik selain itu dimanfaatkan pula untuk tempat  tanaman hias sehingga menambah keindahan dan kesejukan lingkungan.
2.      Pagar sekolah, terpasang mengelilingi bangunan utama berfungsi untuk keamanan dilengkapi dengan gorong- gorong untuk pembuangan air terutama pada waktu musim penghujan.
3.      Kebun Sekolah/ Toga, terletak dibelakang gedung memanfaatkan area yang kosong ditanami dengan tanaman TOGA yang digunakan melatih anak didik mengenal jenis tanaman dan cara merawatnya.
KEGIATAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PESERTA DIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  1. Peserta  Didik
Untuk membiasakan berperilaku yang baik dan penanaman disiplin sejak dini maka di MA Putri Al Ishlahuddiny dibudayakan kegiatan antara lain:
1.      Tugas Piket kelas, disusun untuk mengatur dan menjaga kebersihan dan ketertiban kelas masing- masing dibawah koordinator Ketua Kelas.
2.      Tugas Piket Mushola, membersihkan dan mengatur petugas yang bertanggung jawab pada pelaksanaan acara keagamaan.
3.      Tugas Piket Khusus, berkaitan dengan pelaksanaan Kegiatan di Laboratorium dan Kegiatan Ekstrakurikuler lainnya yang menggunakan ruangan.
4.      Lomba Kebersihan Kelas, rutin dilaksanakan dengan sistem penilaian dilaksanakan selama 1 semester.
5.      Jum’at Bersih, dilaksanakan selama 1 jam pelajaran setiap hari Jum’at dengan membersihkan di lingkungan madrasah.
6.      Secara Periodik dilaksanakan Senam kesegaran jasmani bersama- sama antar elemen madrasah.


2.      Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan
Kegiatan yang dilakukan untuk memberikan motivasi dan evaluasi kegiatan yang sudah berlangsung antara lain:
1.      Diadakannya rapat guru, dilaksanakan pada hari Sabtu minggu terakhir setiap bulannya, bertujuan untuk membuat perencanaan kegiatan yang akan dilaksanakan dan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.
2.      Mengirimkan tenaga guru untuk mengikuti pelatihan dan orientasi yang dilaksanakan oleh Instansi terkait.
3.      Menyediakan buku bacaan yang representatif berkaitan dengan kesehatan anak maupun lingkungan.
4.      Anjangsana/ kunjungan dilakukan secara insidental terutama untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dari orang/ badan lain sehingga bermanfaat dalam pengembangan dan pelayanan pendidikan.
KEGIATAN YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN
  1. Pendidikan Kesehatan : diintegrasikan dalam semua mata pelajaran, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan secara berkala oleh tenaga guru dan atau oleh tenaga medis dari Puskesmas Kediri.
  2. Pelayanan Kesehatan : Secara pro aktif dilaksanakan oleh tenaga medis dan dokter  Puskesmas Kediri terutama penyuluhan hidup bersih dan sehat. Untuk menunjang disediakan sarana kesehatan dan P3K dan mengirimkan anak yang sakit ke Puskesmas.
  3. Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat : Seminggu sekali peserta didik mendapatkan pelajaran Pendidikan Olah raga dan Kesehatan, Pagi bersih oleh OSIS MA Putri Al Ishlahuddiny yang bertujuan untuk ibadah sekaligus mengembangkan kebersamaan dalam menunaikan kewajiban  di musholla Madrasah.



MANAJEMEN ORGANISASI KESEHATAN
Agar pelaksanaan kegiatan UKS di Madrasah Aliyah Putri (Ma-Pi) Al Ishlahuddiny dapat berjalan lancar maka dilakukan beberapa hal antara lain:
  1. Membentuk Team Pelaksana UKS yang berasal dari unsur Kepala Sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa dan Tim Pelaksana UKS dan dokter Puskesmas Kediri.
  2. Membuat rencana kegiatan.
  3. Melengkapi buku- buku administrasi kegiatan.
  4. Mengadakan musyawarah secara berkala.
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait (Puskesmas) dan team Pembina UKS Kecamatan Kediri dan Kabupaten Lombok Barat.
  6. Membuat Laporan secara berkala.



Pembina UKS MA Putri Al Ishlahuddiny,




Hj.Bq.Dewi Septemi Abdiana,S.Kep.
Ditetapkan di  : Kediri
Pada Tanggal : 16 JULI 2014
               Kepala Madrasah,




 H.M.IHSAN,S.Pd.
        














https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5PAnEVEAnw5P9rrYAN229djVPqM-OUeWe_Dd1jvrDs36fTqEjWqr75hQbEO-HbvdKJl5a8TzU5T1k1_JHUeuaIT-BfeMBNwG2S9n7hBYTy3eW64ZgQFJDHwOz3R_n6HEQbjwLQwzlUew/s200/lLOGO_UKS.jpg
SUSUNAN TIM PELAKSANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH
MA PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

PEMBINA                               :   1.  Hj.Bq.Dewi Septemi Abdiana,S.Kep.
                                                       2.  Drg.Haifak
KETUA                                   :    Hasyinatul Ula
WAKIL KETUA I                 :    Fiska Diana
WAKIL KETUA II                :    Baiq Devia Wardanianti
SEKRETARIS                       :   Nur Hakiki Wahyuni
ANGGOTA                             :   Ema Luthfia Ismira
ANGGOTA                             :    Baiq Dewi Sartika
ANGGOTA                             :   Januraini Safitri
ANGGOTA                             :    Diana Ismawati




Ditetapkan di  : Kediri
Pada Tanggal : 16 JULI 2014
               Kepala Madrasah,




 H.M.IHSAN,S.Pd.
        









https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5PAnEVEAnw5P9rrYAN229djVPqM-OUeWe_Dd1jvrDs36fTqEjWqr75hQbEO-HbvdKJl5a8TzU5T1k1_JHUeuaIT-BfeMBNwG2S9n7hBYTy3eW64ZgQFJDHwOz3R_n6HEQbjwLQwzlUew/s200/lLOGO_UKS.jpg

YAYASAN PENDIDIKAN AL ISHLAHUDDINY
TIM PEMBINA USAHA KESEHATAN SEKOLAH (TP-UKS)
MADRASAH ALIYAH PUTRI  (MA PUTRI) Al ISHLAHUDDINY
KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT
Jl.TGH.Ibrahim Al Khalidy, Kediri, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
 
Surat Keputusan
KEPALA MADRASAH ALIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
Nomor: ......./MA.P/33.24/VII/2014
TENTANG
TIM PELAKSANA USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH
KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT
TAHUN PELAJARAN 2014/2015


KEPALA MA PUTRI AL ISHLAHUDDINY  KECAMATAN KEC KEDIRI
KAB.LOMBOK BARAT
Menimbang
:
a.  Bahwa dalam rangka melakukan pembinaan terhadap Usaha Kesehatan Sekolah, maka Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah MA Putri Al Ishlahuddiny  Kecamatan Kediri perlu membentuk kepengurusan Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah.

Mengingat
:
1.  Keputusan bersama Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 1/ u/SKB/Th 2003; Nomor 1067/Menkes/SKB/III/2003; Nomor ; MA/230 A/2003; Nomor : 26/2003; Tanggal 23 Juli 2003 tentang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah
2.  SKB 4 menteri Nomor : 2/P/SKB/2003; Nomor : 1068 / menkes / SKB / VII/2003; Nomor ; MA/230 B/2003; Nomor : 4415 – 404/2003 tentang Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah.
3.  Sidang dewan Guru dan Karyawan MA Putri Al Ishlahuddiny  tanggal 16 Juli 2014 tentang Pembagian Tugas TP UKS Tingkat Sekolah/Madrasah.






MEMUTUSKAN
Menetapkan

Pertama
:
Membentuk Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah MA Putri Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat dengan susunan keanggotaan sebagaimana dinyatakan dalam lampiran Keputusan.

Kedua
:
Tim Sebagaimana dimaksud dalam diktum Pertama mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :
1)    Berfungsi :
Sebagai penanggung jawab dan pelaksana Program Usaha Kesehatan Sekolah di MA Putri Al Ishlahuddiny Kecamatan Kediri Berdasarkan prioritas kebutuhan dan kebijakan yang ditetapkan oleh Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah tingkat Kabupaten, Dan Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Tingkat Kecamatan.
2)    Bertugas :
a)    Merencanakan dan melaksanakan Kegiatan Pendidikan Kesehatan Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan kehidupan Sekolah Sehat sesuai Ketentuan dan Petunjuk yang telah ditetapkan dan / atau diberikan oleh Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah tingkat Kecamatan.
b)    Menjalin Kerjasama yang serasi dengan orang tua murid instansi lain dan masyarakat dalam Pelaksanaan Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah di Sekolah
c)    Mengadakan Penilaian/evaluasi, menyusun dan menyampaikan laporan Tengah Tahunan dan Tahunan Kepada Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Tingkat Kecamatan sesuai Ketentuan dengan tembusan Instansi terkait
d)    Mempertanggungjawabkan dan melakukan pelaporan pada setiap kegiatan kepada ketua tim pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah.

KETIGA  
:
Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah MA Putri Al Ishlahuddiny Kecamatan Kediri dibentuklah susunan keanggotaan sebagaimana dinyatakan dalam lampiran keputusan ini.

KEEMPAT
:
Semua biaya yang dikeluarkan guna pelaksanaan tugas Keseketariatan tim Pelaksana Usaha Kesehatn Sekolah MA Putri Al Ishlahuddiny Kecamatan Kediri dibebankan pada masing-masing instansi yang menangani sektoral sesuai fungsinya dan sumber dana yang sah lainnya.

KELIMA
:
Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, dan apabila di kemudian hari terdapat kesalahan atau kekeliruan akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.


Ditetapkan di  : Kediri, Lombok Barat
Pada Tanggal : 16 JULI 2014
Kepala Madrasah,





H.M.IHSAN,S.Pd.
NIGS.


 


No comments:

Post a Comment