KURIKULUM
MADRASAH DINIYAH PUTRI Al ISHLAHUDDINY
I.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari
sentralisasi ke desentralisasi memotivasi terjadinya perubahan dan pembaharuan
pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum
pendidikan dasar madrasah diniyah takmiliyah pun menjadi perhatian dan
pemikiran – pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan – perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan
mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta carayang digunakan sebagai
pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
tertentu. Berdasarkan Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional Pasal 35 ayat (2) di tegaskan bahwa kurikulum pada semua
jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diserfikasi sesuai
dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar
pemikiran itu maka dikembangkan apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah Kurikulum
Operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing – masing satuan
pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Diniyah
Putri Al Ishlahuddiny dikembangkan sebagai perwujudan dan kurikulum pendidikan
dasar madrasah diniyah takmiliyah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun
yang terdiri atas unsur madrasah dan komite madrasah di bawah koordinasi dan supervisi
KKDT Kecamatan Kediri. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip
- prinsip sebagai berikut.
1.
Berpusat pada
potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik/santri dan
lingkungannya;
2.
Beragam dan
terpadu;
3.
Tanggap terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni;
4.
Relevan dengan
kebutuhan kehidupan;
5.
Menyeluruh dan
berkesinambungan;
6.
Belajar
sepanjang hayat, dan
7.
Seimbang antar
kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah
dokumen yangakan menjadi kenyatanapabila terlaksana di lapangan dalam proses
pembelajaran yang baik. Pembelajaran baik dikelas maupun di luar kelas
hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan
kreativitas anak. Dalam hal ini proses pembelajaran yang menyenangkan dan
mengasyikan bagi anak, sehingga anak betah di madrasah atas dasar kenyatan tersebut,
maka pembelajaran di madrasah diniyah dasar hendaknya bersifat mendidik,
mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif,
demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasyikan. Dengan spirit seperti itu
kurikulum akan mendai pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan
pengajaran di Madrasah Diniyah Putri Al Ishlahuddiny.
B.
Visi, Misi dan Tujuan
1.
Visi
“
Terwujudnya manusia yang berfikir,beriman, bertakwa, berakhlakul kharimah, dan
berwawasan luas serta terampil dan mampu bertanggung jawab dalam social
kemasyarakatan “.
2.
Misi
a. Memperdalam wawasan santri/murid terhadap makna yang
terkandung dalam ibadah-ibadah yang diperintahkan Agama sehingga mampu
mengimplementasikan nilai-nilai ajaran di dalamnya pada kehidupan sehari-hari.
b. Membentuk kemampuan santri/murid dalam membaca al-Qur’an
secara baik dan benar sesuai kaidah-kaidah bacaannya.
c. Melatih keterampilan dan kedisiplinan santri/murid dalam
menjalankan ritual Agamanya.
d. Membentuk
tata perilaku yang sesuai dengan ajaran agama islam
e. Membuka
pemikiran-pemikiran berdasarkan Al-qur’an dan hadits
3.
Tujuan
a. Meningkatkan pemahaman santri/murid terhadap ilmu Agama,
sehingga mampu mengembangkan dirinya
sejalan dengan norma-norma agama dan mampu mengamalkan dalam
perkembangan ilmu pengetahuan.
b. Menumbuh kembangkan ilmu-ilmu Islami dalam integrasi
hubungan dengan Allah SWT, Rasul, manusia, alam semesta bahkan dengan dirinya
sendiri.
c.
Memberikan
pemahaman mendalam kepada santri tentang ajaran Agama dan bagaimana
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari
II.
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A.
Struktur Kurikulum
Kemampuan dasar khusus
pada mata pelajaran diniyah,disajikan sebagai berikut:
No
|
Mata Pelajaran
|
Kemampuan Dasar
|
Rambu-rambu
|
1.
|
Al-Qur’an
|
Mampu membaca Al-Qur’an
dengan baik, benar dan lancar.
·
Membaca huruf tunggal
dengan syakal fathah dan beragam syakal.
·
Membaca huruf sambung
beragam syakal dan tanwin.
·
Membaca Al-Qur’an dengan
teknik tajwid
|
Difocuskan kepada
latihan/praktek
|
2
|
Akidah Akhlak
|
·
Mengetahui dan dapat
menyebutkan Rukun Iman
·
Memiliki pengetahuan
tentang Iman kepada Allah, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Qadha dan Qadhar,
Hari Akhir.
·
Mampu mengamalkan Akhlak
terpuji ; jujur, sabar, pemaaf, lemah lembut, sederhana, ikhlas.
·
Mengetahui, memahami dan
terbiasa mengamalkan. Menepati janji, amanah, adab bertetangga, mensyukuri
nikmat, menjaga kelestarian alam, adab terhadap ayah dan ibu.
·
Mengetahui, memahami dan
biasa mengucapkan kalimat toyyibah ; masyaAllah, Inna Lillahi Wainna Ilaaihi
Rojiun, Alhamdulillah, Laailahailallah.
·
Mampu menjauhi akhlak
tercela; syirik, khianat, dendam, hasut/dengki, fasiq, sombong/takabur, ria,
ingkar janji, acuh tak acuh.
·
Mampu melaksanakan
akhlak terpuji.
|
3.
|
Ibadah
|
·
Mampu menghafalkan syahadatain dan memahami artinya
·
Mengetahui urutan-urutan wudhu
·
Mengetahui dan mampu menghafalkan bacaan sholat dan
gerakannya
·
Mengetahui ketentuan-ketentuan tatacara melakukan
puasa; syarat puasa, rukun puasa, sunat puasa, yang membatalkan puasa.
·
Mengetahui tentang ZIS (Zakat, Infak, Shodaqoh)
·
Mengetahui tentang pokok-pokok ibadah haji, syarat,
rukun dan wajib haji serta urutan pelaksanaan ibadah haji.
|
4.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
·
Mengetahui dan memahami sifat dan sikap Nabi Muhammad,
masa kanak-kanak, masa remaja, masa dewasa sebelum kenabian, cara membina
rumah tangga, dan sifat-sifat rasul.
·
Memahami dan mampu mengamalkan ajaran Nabi Muhammad;
inti ajaran agama Islam pada masa permulaan da’wah Nabi, membawa masyarakat
Islam di Mekkah.
·
Memahami ajaran yang terkandung dalam peristiwa Isro
mi’raj
·
Mengetahui dan memahami keadaan masyarakat Madinah dari
segi sosial agama dan perekonomian.
·
Memahami dan mengagumi pembinaan Rasulullah terhadap
masyakat Madinah.
·
Memahami dalam sikap sendi perjuangan Nabi beserta para
sahabatnya; mengatasi tantangan terhadap Islam
·
Memahami
dan mengetahui sejarah nabi-nabi yang lainnya.
|
5.
|
Bahasa Arab
|
·
Memiliki pengetahuan berbahasa Arab untuk memahami
Al-Qur’an dan Hadits.
·
Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa Arab
dengan kurang lebih 100 kasakata dan ungkapan.
·
Mampu melakukan percakapan dalam bahasa Arab tentang
memperkenalkan diri sendiri dan orang lain. Alat-alat sekolah dan bisa
menggunakan kalimat perkenalan diri sendiri dengan orang lain, alat-alat
sekolah dan profesi.
·
Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa Arab
dengan kurang lebih 200 kosakata.
·
Mampu melakukan percakapan dalam bahasa Arab tentang
lingkungan sekolah di rumah dengan dilengkapi kata sifat
·
Memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa Arab
dengan + 300 kosakata
|
Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, struktur
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Diniyah Putri Al Islahuddiny
sebagai berikut:
STRUKTUR KURIKULUM
DINIYAH PUTRI
AL ISHLAHUDDINY
|
|||||
No
|
KOMPONEN
|
KELAS
DAN ALOKASI WAKTU
|
|||
I
|
II
|
III
|
Ket.
|
||
A.
|
MATA PELAJARAN
|
||||
1
|
Qur’an –
Hadits
|
4
|
4
|
8
|
|
2
|
Aqidah –
Akhlak
|
4
|
4
|
2
|
|
3
|
Fiqih –
Ibadah
|
4
|
4
|
2
|
|
4
|
SKI
|
2
|
2
|
2
|
|
5
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
|
6
|
Praktik
Ibadah
|
2
|
2
|
2
|
|
B.
|
MUATAN LOKAL
|
||||
a. Tahsin
|
2
|
2
|
2
|
||
b. Kaligrafi
|
2
|
2
|
2
|
||
c.
|
|||||
C.
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
*2
|
*2
|
*2
|
|
Jumlah
|
22
|
22
|
26
|
Keterangan:
·
*) equivalen 2 jam pelajaran
·
Alokasi 1 jam pelajaran kelas 1
dan 2 adalah @ 30 menit
·
Alokasi 1 jam pelajaran kelas 3
dan 4 adalah @ 40 menit
B.
Muatan Kurikulum
Muatan
KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan
beban belajar bagi peserta didiksantri pada satuan pendidikan, disamping itu
materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi
kurikulum.
1.
Mata Pelajaran
a.
Al-Qur’an –
Hadits
b.
Aqidah – Akhlak
c.
Fiqih – Ibadah
d.
SKI
e.
Bahasa Arab
f.
Praktek Ibadah
2.
Muatan Lokal
a.
Iqro
b.
Tahsin Al Qur’an
c.
Hafalan Qur’an
d.
3.
Pengembangan Diri
1.
Pembentukan Karakter melalui
pembiasaan dalam kegiatan:
1)
Rutin
a.
Menyimak bacaan surat pendek
dalam Al-Quran sebelum mulai proses pembelajaran.
b.
Berdo’a sebelum dan sesudah
belajar
c.
Pemeriksaan kebersihan
lingkungan dan kebersihan diri sebelum masuk kelas
d.
Membersihkan kelas dan halaman madrasah
sebelum dan sesudah poses belajar Mengajar
e.
Iqro
2)
Terprogram
a.
Kegiatan Pesantren Kilat di
sekolah setiap bulan ramadhan minggu ke-2 dan ke-3.
b.
Pekan Kreativitas dan Olahraga
antar kelas dan antar madrasah diniyah
c.
Peringatan Hari-Hari Besar
Nasional dan Keagamaan
d.
Studi Banding
3)
Spontan
a.
Memberi salam dan mau mengakui
kesalahan.
b.
Terbiasa hidup bersih, rapih,
teratur, dan tertib.
c.
Menumbuhkan budaya membuang
sampah pada tempatnya.
d.
Membiasakan masuk kelas secara
antri.
e.
Menumbuhkan rasa saling tolong
sesama teman.
f.
Membaca, menulis, dan
berdiskusi
C.
Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang digunakan adalah system
paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum yaitu:
Kelas
|
Satu Jam Pembelajaran tatap
muka/menit
|
Jumlah jam Pembelajaran/minggu
|
Minggu efektif/Tahun ajaran
|
Waktu Pembelajaran/jam/Tahun
|
1
|
30
|
22
|
38
|
836
|
2
|
30
|
22
|
38
|
836
|
3
|
40
|
26
|
38
|
988
|
4
|
40
|
26
|
38
|
988
|
D.
Ketuntasan Belajar
No
|
Mata
Pelajaran
|
Standar
Ketuntasan Belajar
(SKBM)
|
|
Angka
|
Huruf
|
||
1
|
Qur’an – Hadits
|
75
|
|
2
|
Aqidah – Akhlak
|
75
|
|
3
|
Fiqih – Ibadah
|
75
|
|
4
|
SKI
|
75
|
|
5
|
Bahasa Arab
|
75
|
|
6
|
Praktik Ibadah
|
80
|
|
7
|
Muatan
Lokal
|
||
a.
Iqro
|
|||
b.
|
E.
Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a.
Kenaikan Kelas
Kenaikan
kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran
Kriteria
Kenaikan Kelas
1.
Siswa dinyatakan
naik kelas setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester
di kelas yang diikuti;
2.
Tidak terdapat
nilai di bawah SKBM;
3.
Memiliki nilai
minimal BAIK untuk aspek kepribadian pada semester yang diikuti.
b.
Kriteria
Kelulusan
1.
Menyelesaikan
seluruh program pembelajaran
2.
Memperoleh nilai
minimal Baik seluruh mata pelajaran
3.
Lulus ujian akhir
madrasah diniyah takmiliyah awwaliyah sesuai dengan peraturan menteri agama
yang berlaku.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata Pelajaran : Fikih
Jumlah Jam Pelajaran :
18 jam / minggu
Waktu : 30 Menit / tatap muka
Jenis Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan mempraktikkannya dalam kehidupan
sehari-hari
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami rukun Islam yang pertama (syahadatain)
|
1.1. Melafalkan dua kalimat syahadat dengan
fasih.
1.2. Menjelaskan pengertian syahadat Tauhid.
1.3. Menjelaskan pengertian syahadat Rasul.
1.4. Dapat membedakan syahadat Tauhid dan
Syahadat Rasul.
1.5. Terbiasa membaca dua kalimat syahadat
|
2. Memahami konsep thaharah
|
2.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
thaharah.
2.2. Menyebutkan ketentuan thaharah dalam Islam.
2.3. Menyebutkan tujuan dan hikmah thaharah.
2.4. Mempraktikkan cara bersuci (wudhu,
tayammum, istinja’ dan mandi janabah).
|
3.
Memahami tata cara berwudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah
|
3.1. Menjelaskan pengertian dan dasar hukum
wudhu, tayammum, istinja’ dan mandi janabah.
3.2. Menyebutkan ketentuan berwudhu, tayammum,
istinja’ dan mandi janabah.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah wudhu
tayammum, istinja’ dan mandi janabah.
3.4. Mempraktikkan cara berwudhu, tayammum
istinja’ dan mandi janabah dengan benar.
|
4.
Memahami tata cara adzan dan iqamah
|
4.1. Melafalkan bacaaan adzan dan iqamah dengan
baik.
4.2. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum azan
dan iqamah.
4.3. Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah.
4.4. Mempraktikkan azan dan iqamah.
|
5.
Menguasai bacaan-bacaan dalam shalat.
|
5.1. Menghafal bacaan-bacaan shalat.
5.2 Memahami arti setiap bacaan shalat.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal Surah al-FAtihah
|
1.1. Membacakan dengan makhrijul huruf yang
tepat dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Mempertebal/memperjelas teks surah
al-Fatihah dengan baik dan benar.
1.3. Mengetahui arti surah al-fatihah dengan
baik.
|
2. Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan
bersambung
|
2.1. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara
terpisah dengan benar.
2.2. Menulis huruf-huruf hijaiyah secara
bersambung dengan benar.
|
3.
Hafal Surah al-Ikhlas
|
3.1. Membaca dengan makhrjul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
3.2. Mempertebal/memperjelas teks surah
al-Ikhlas dengan baik dan benar.
3.3. Mengetahui arti Surah al-Ikhlas dengan
baik.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid
|
4.1. Mengetahui kaidah bacaan idghom, ikhfa’,
qolqolah dan lainnya.
4.2. mengenal bacaan wakaf dan wasal.
4.3. Mempraktikkan bacaan al-Qur’an sesuai
kaidah tajwid..
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran :
Hadits
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Hadis dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS I, semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
kebersihan dengan fasih dan benar
|
1.1. Menghafal hadis-Hadis pendek tentang
urgensi kebersihan.
1.2. Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas
teks hadis tentang kebersihan.
1.3. Menampilkan prilaku bersih di lingkungan
sekitar..
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban menghormati orang tua
|
2.1. Menghafal hadis-hadis pendek tentang
kewajiban menghormati orang tua.
2.2. Menerjemahkan dan mempertebal\ memperjelas
teks hadis tentang kewajiban menghormati orang tua.
2.3. Menunjukkan sikap menghormati orang tua
dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bertakwa.
|
3.1. Menghafal hadis-hadis pendek tentang
kewajiban bertakwa.
3.2. Menerjemahkan dan mempertebal / memperjelas
teks hadis tentang kewajiban bertakwa.
3.3. Menunjukkan cirri-ciri orang yang
benar-benar bertakwa secara sederhana.
3.4. Menampilkan prilaku bertakwa di mana saja
berada.
|
4.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang salat berjamaah, dan cirri-ciri
orang munafik.
|
4.1. Menghafal hadis –hadis pendek tentang
keutamaan salat berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.
4.2. Mempertebal / memperjelas teks hadis
tentang keutamaan shalat berjamaah dan cirri-ciri orang munafik.
4.3. Menunjukkan kegemaran shalat berjamaah
setiap hari.
4.4. Menampilkan prilaku jujur dan amanah.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami hakikat Tauhid kepada Allah SWT.
|
1.1. Menjelaskan makna dasar Tauhid.
1.2. Menjelaskan pengertian dan cakupan tauhid
kepada Allah SWT.
1.3. Melaksanakan Perilaku “tauhidy” dalam kehidupan keseharian.
|
2.
Memahami serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin
|
2.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Allah
sebagai Rabbul ‘Alamin
2.2. Menjelaskan perbedaan Kholiq dan Makhuq
mengenali Dzat, Sifat dan Af’al-Nya.
2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat
wajib Allah (sifat Nafsiyah, Salbiyah,
Ma’ani, dan Ma’nawiyah). Sifat Mustahil bagi Allah dan Sifat Jaiz bagi
Allah.
2.4. Menjelaskan makna al Asma’ al Husna dan
implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah Rabbul ‘Alamin.
2.5. Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah
SWT.
|
3.
Memahami kebesaran Allah dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.1. Menjelaskan makna dan implementasi dzikrullah.
3.2. menjelaskan makna dan implementasi tafakkur dan tadabbur.
3.3. Melaksanakan perilaku syukur dalam
kehidupan sehari-hari..
|
4.
Memahami dan mengimani Malaikat Allah
|
4.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Malaikat
Allah SWT.
4.2. Menguraikan tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
4.3. Menjelaskan perilaku dan sifat Malaikat
Allah SWT.
4.4. Menyebutkan dalil-dalil iaman kepada
malaikat Allah.
4.5. Melaksanakan perilaku Ta’abudy dalam
kehidupan sehari-hari.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang
buruk
|
1.1. Menampilkan perilaku sayang kepada diri
sendiri.
1.2. menampilkan perilaku sayang kepada teman.
1.3. Menampilkan perilaku taat pada orang
tua/guru.
1.4. Menjauhi perilaku mengganggu orang lain.
1.5. Menjauhi perilaku menyakiti orang lain
1.6. Menjauhi perilaku membuat onar.
|
2.
menghafal doa-doa keseharian
|
2.1. Menyebut doa mau makan di luar kepala.
2.2. menyebut doa setelah makan diluar kepala
|
3.
Mengenal perbuatan yang baik dan yang buruk.
|
3.1. Menamilkan perilaku sayang kepada
tumbuh-tumbuhan.
3.2. Menampilkan perilaku sayang kepada
hewan/binatang.
3.3. Menampilkan perilaku sopan pada orang
tua/guru.
3.4. Menjauhi perilaku menyakiti diri sendiri.
3.5. Menjauhi perilaku menyakiti orang lain.
3.6. Menjauhi perilaku menyakiti hewan/binatang.
37. Menjauhi perilaku merusak tanaman.
|
4.
Menghafal doa-doa keseharian
|
4.1. Menyebutkan doa mau masuk kamar mandi.
4.2. Menyebutkan doa keluar dari kamar mandi.
4.3. Menyebutkan doa mau tidur.
4.4. Menyebutkan doa bangun tidur.
4.5. Menyebutkan doa untuk orang tua.
4.6. Menyebutkan doa keselamatan di dunia dan
akhirat.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Tarikh/SKI
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN TARIKH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain Nabi
Muhammad SAW.
|
1.1. Mendengarkan sejarah Nabi Adam AS
1.2. Mendengarkan sejarah Nabi Idris AS
1.3. Mendengarkan sejarah Nabi Luth AS
1.4. Mendengarkan sejarah Nabi Hud AS
|
2. Mengenal sejarah Nabi-Nabi selain Ulul Azmi
|
2.1 Mendengarkan sejarah Nabi SolehAS
2.2. Mendengarkan sejarah Nabi Zakariya AS
2.3. Mendengarkan sejarah Nabi Yahya AS
|
3.
Mengenal sejarah Nabi-Nabi Ulul Azmi
|
3.1. Mendengarkan sejarah Nabi Ilyas AS
3.2. Mendengarkan sejarah Nabi Ilyasa AS
3.3. Mendengarkan sejarah Nabi Dzulkifli AS
3.4. Mendengarkan sejarah Nabi Ismail AS.
3.5. Mendengarkan sejarah Nabi Ishak AS.
3.6. Mendengarkan sejarah Nabi Yusuf AS.
3.7. Mendengarkan sejarah Nabi Ya’kub AS
3.8. Mendengarkan sejarah Nabi Syu’aib AS
3.9. Mendengarkan sejarah Nabi Harun AS
3.10.
Mendengarkan sejarah Nabi Sulaiman AS
3.11.
Mendengarkan sejarah Nabi Dawud AS
3.12.
Mendengarkan sejarah Nabi Nuh AS
3.13.
Mendengarkan sejarah Nabi Ayub AS
3.14.
Mendengarkan sejarah Nabi Musa AS.
3.15.
Mendengarkan sejarah Nabi Isa AS
3.16.
Mendengarkan sejarah Nabi Ibrahim AS
|
4.
Mengetahui Kondisi Jazirah Arab sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
4.1. Mengetahui Peta jazirah Arabia
4.2. Mengetahui Keyakinan masyarakat jahiliyah
4.3. Mengetahui Kondisi social ekonomi
4.4. mengetahui Kondisi Sosial Politik.
4.5. Mengetahui suku-suku bangsa Arab
4.6. Mengetahui Kebudayaan masyarakat jahiliyah
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Bahasa Arab dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS I semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mampu membaca dan meunulis teks berbahasa
Arab yang sesuai dengan tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata
pelajaran Al-Qur’an, Hadis, aqiqah,akhlak, fiqih, dan tarikh
|
3.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai tema dalam materi pokok dangn menggunakan 10-15 mufradat baru dengan
alokasi waktu 4 jam pelajaran. (1 JP = 30 menit x 4 JP = 140 menit).
3.2. Menyalin teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan mufradat baru tersebut.
3.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
|
2. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh.
|
4.1 Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. Menyalin Teks berbahasa Arab secara
terpisah dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengan menggunakan
mufradat baru tersebut.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Fikih
Jumlah Jam
Pelajaran : 18 jam / minggu
Waktu : 30 Menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan
mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS II semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
1. Memahami Tata Cara Shalat
2.
Maktubah
|
1.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat.
1.2. Menjelaskan ketentuan shalat.
1.3. Menyebutkan jenis-jenis shalat maktubah.
1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat.
1.5. Mempraktikkan tata cara shalat beserta
bacaannya.
|
2. Memahami tata cara shalat sunnah
|
2.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat sunnah.
2.2. Menjelaskan ketentuan dan macam-macam
shalat sunnah.
2.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat sunnah.
2.4. Mempraktikkan shalat sunnah.
|
3.
3. Memahami tata cara shalat
jamak dan qashar
|
3.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
shalat jamak dan qashar.
3.2. Menjelaskan ketentuan shalat jamak dan
qashar.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah shalat jamak
dan qashar.
3.4. Mempraktikkan tatacara shalat jamak dan
qashar.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata Pelajaran : Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. 1. Hafal
Surah al-Nas
|
1.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tarti)
1.2. Menulis kembali surah al-Nas dengan Khot
yang benar.
1.3. Mengetahui arti surah al-Nas dengan baik.
|
2. Hafal Surah al-Falaq
|
2.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
2.2. Menulis kembali surah al-Falaq dengan khot
yang benar.
2.3. Mengetahui arti surah al-Falaq dengan
baik..
|
3.
3. Memahami kaidah ilmu tajwid
tentang tanwin dan nun mati
|
3.1. Mengenal tanwin dan nun mati
3.2. Mengenal hukum idzhar tanwin dan nun mati.
3.3. Mengidentifikasi bacaan idzhar dalam al-Qur’an.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Hadits
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Hadits dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS II, Semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang
beberapa akhlak mulia.
|
1.1. Menghafal hadis tentang wajib hidup jujur
dan menjauhi sifat pembohong dan penghianat.
1.2. Menterjemahkan hadis tentang wajib hidup
jujur dan menjauhi sifat pembohong dan penghianat.
1.3. Menerapkan hidup jujur dan menjauhi sifat
bohong dan khianat.
1.4. Menulis kembali hadis-hadis pendek tentang
macam-macam akhlak al-karimah dan akhlak al-madzmumah.
1.5. Menunjukkan sikap berakhlak mulia dalam
kehidupan sehari-hari.
1.6. Melaksanakan aturan-aturan dan norma-norma
yang berlaku di keluarga dan masyarakat.
|
2.
Melafadzkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban bersikap toleransi
dan saling menghargai.
|
2.1. Menulis kembali hadis tentang pentingnya
sikap toleransi dan saling menghargai.
2.2. menghafal hadis tentang pentingnya sikap
toleransi dan saling menghargai.
2.3. Menunjukkan contoh sikap-sikap toleransi
dan saong menghargai.
2.4. Melaksanakansikap-sikap toleransi dengan
saling menghargai di mana saja berada.
|
3.
Melafazkan hadis-hadis pendek tentang kewajiban patuh terhadap kepada
guru.
|
3.1. Menghafal teks hadis tentang kewajiban
taat kepada guru.
3.2. Menterjemahkan teks hadis tentang kewajiban
taat kepada guru.
3.3. Mengenal nilai kepatuhhan, kedisiplinan dan
senang belajar dalam kehidupan sehari-hari.
3.4. Melaksanakan perilaku patuhh, sopan,
tawadlu’ dan disiplin di mana saja berada.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS II semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dan meyakini/mengimani
kitab-kitab suci Allah
|
1.1. Menyebutkan dalil tentang mu’jizat
al-Qur’an.
1.2. Menjelaskan hakikat kitab suci Allah.
1.3. Menjelaskan hubungan ayat-ayat Qauliyah dan
Kauniyah.
1.4. Menjelaskan fungsi dan mu’jizat al-Qur’an.
1.5. Mempraktekkan perilaku Qur’ani dalam
kehidupan sehari-hari..
|
2. Memahami Rasul-Rasul Allah.
|
2.1. Menjelaskan makna dan misi kerasulan.
2.2. Menjelaskan hubungan antara wahyu dan
rasul.
2.3. Menyebutkan nama-nama rasul Allah SWT.
2.4. Menyebutkan Rasul-Rasul yang mendapat gelar
Ulul ‘azmi.
2.5. Menguraikan makna mu’jizat bagi para Rasul
2.6. Menguraikan kerarulan Muhammad SAW sebagai
khatamil anbiya wal mursalin.
2.7. Mempraktekkan perilaku mulia sebagaimana
dicontohkan para Rasul.
|
3.
Memahami dan mengimani hari Akhir.
|
3.1. Menyebutkan dalil tentang iman kepada hari
akhir.
3.2. Menjelaskan makna beriman kepada hari
akhir.
3.3. Menjelaskan tentang alam barzakh.
3.4. Menguraikan tentang kebangkitan di akhirat
(kebangkitan danperhitungan amal)
3.5. Menjelaskan hakikat surga dan
neraka.
3.6. Menunjukkan sikap kehati-hatian dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami dan meyakini hakikat Qadha dan Qadar Allah.
|
4.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Qadha’ dan
Qadar Allah.
4.2. Menjelaskan hubungan Qadha’ dan Qadar Allah
terhadap manusia
4.3. Menjelaskan pentingnya memiliki etos
kerja/berusaha dalam kehidupan.
4.4. Menyebutkan dalil tentang iman kepada Qadha
dan Qadar Allah SWT.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS II semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal perbuatan yang baik dan yang
buruk serta menghafal dalilnya.
|
1.1. Mengenal perbuatan baik yang disukai oleh
orang lain (menolong, menyayangi, menghormati, dan menghargai)
1.2. Menjauhi perbuatan buruk yang tidak disukai
oleh orang lain (mengganggu, menghina, membentak, memukul dan menyakiti).
1.3. Membiasakan perbuatan baik yang disukai
oleh orang lain dimana saja berada.
1.4. Menjauhkan diri dari perbuatan buruk yang
tidak disukai oleh orang lain dimana saja berada.
1.5. Menyebutkan dalil tentang perbuatan baik
dan perbuatan buruk.
|
2. Menghafal doa-doa keseharian.
|
2.1. Menyebutkan doa ketika keluar rumah.
2.2. Menyebutkan doa ketika tiba di rumah
2.3. Menyebutkan doa mau belajar.
2.4. Menyebutkan doa selesai belajar.
2.5. Menyebutkan doa ketika bertemu dengan
binatang.
2.6. Menyebutkan doa ketika mendengar
halilintar.
2.7. Menyebutkan doa ketika melihat sesuatu yang
mengagumkan.
|
3.
Mengenal akhlaq Islam
|
3.1. Menyebutkan pengertian akhlak
3.2. Menyebutkan dalil tentang pentingnya
akhlaq.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Tarikh
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN TARIKH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS II semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menenal sejarah Nabi Muhammad SAW. Pada
masa kelahirannya.
|
1.1. Mendengar peristiwa kelahiran Nabi Muhammad
SAW.
1.2. Peristiwa-peristiwa penting pada masa
kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
2. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
masa kecil.
|
2.1. Mendengar figure ayah dan ibu mahammad SAW.
2.2. Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan ibu
kandungnya
2.3. Mendengar sejarah Muhammad dalam asuhan
orang lain
2.4. Mendengar peristiwa wafatnya ibu kandng
Muhammad SAW.
2.5. Mendengar sejarah Muhammad SAW. dalam
asuhan kakeknya (Abdul Muththalib)
2.6. Mendengar sejarah Muhammad SAW dalam asuhan
Pamannya (Abu Thalib)
2.7. Mendengar sosok Nabi Muhammad sebagai
pengembala kambing
2.8. Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang
dimiliki Muhammad SAW. di masa kecil
2.9. Menyebut sifat-sifat terpuji yang dimiliki
Nabi Muhammad di masa kecil.
10.2.Menunjukkan perilaku
mencontoh sifat terpuji Nabi Muhammad SAW di masa kecil..
|
Mengenal
sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa dewasa
|
3.1. Menceritakan kisah Muhammad SAW saat
mengikuti pamannya berdagang.
3.2. Menceritakan kisah Muhammad SAW saat
dipercaya membawa barang dagangan Siti Khadijah.
3.3. Menyebutkan sebab-sebab keberhasilan
perdagangan Nabi Muhammad SAW.
3.4. Menampilkan perilaku Nabi yang dapat
ditauladani dalam bidang perdagangan.
3.5. Menceritakan proses peristiwa pernikahan
Muhammad SAW dengan Siti Khadijah.
3.6. Menyebutkan keteladanan Muhammad SAW dan
Khadijah dalam membina keluarga.
3.7 Mencerminkan perilaku pentingnya mencontoh
keluarga Muhammad SAW dalam keluarga dan lingkungan.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 30 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
KELAS II semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada pemahaman tentang
klasifikasi kata (isim [benda=sifat, huruf]
|
1.1. membaca teks berbahasa arab sederhana yang
sesuai dengan tema dlam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
1.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
1.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
1.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana (kalam, kalim, qaul,
kalimah, jumlah).
|
4.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat baru.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
3.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat yang sederhana.
|
4.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
4.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
4.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
4.4. Melakukan Dialog (muhadatsah) sederhana
4.5. Mengenal unsur-unsur kalimat dalam struktur
bahasa
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Fikih
Jumlah Jam Pelajaran :
18 jam / minggu
Waktu : 40 Menit / tatap muka
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang dasar-dasar ilmu fikih dan mempraktikkannya dalam kehidupan
sehari-hari
KELAS III semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami ajaran Islam tentang zakat mal
|
1.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
zakat mal.
1.2. Menyebutkan macam-macam zakat mal.
1.3. Menjelaskan ketentuan tentang zakat mal..
1.4. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat mal.
|
2.
Memahami ajaran Islam tentang zakat fitrah
|
2.1. Menyebutkan pengertian dan dasar hukum
zakat fitrah.
2.2. Menjelaskan ketentuan tentang zakat fitrah.
2.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah zakat
fitrah..
|
3.
Memahami ajaran Islam tentang infak, shadaqah, dan wakaf
|
3.1. Zakat menjelaskan pengertian dan dasar
hukum infak, shadaqah, dan waqaf.
3.2. Menyebutkan ketentuan tentang infak
shadaqah, dan waqaf.
3.3. Menjelaskan tujuan dan hikmah infak
shadaqah dan waqaf.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Al- Qur’an
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar tentang al-Qur’an dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Hafal surah al-Fill
|
1.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
1.2. Menulis kembali surah al-Fill dengan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
1.3. Menghafal Surah Al-Fill dengan lancar
1.4. Menjelaskan kandungan Surah Al-Fill secara
sederhana.
|
2.
Hafal surah takatsur
|
2.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil).
2.2. Menulis kembali surah at-Takatsur dan menterjemahkannya
ke dalam bahasa Indonesia.
2.3. Menghafal Surah at-Takatsur dengan benar.
2.4. Menjelaskan kandungan Surah at-Takatsur
secara sederhana.
|
3.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
3.1. Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin
dan nun mati.
3.2. Mempraktikkan bacaan idgham bila ghunnah
3.3. Mengidentifikasi bacaan idgham bila
ghunnah.
|
4.
Memahami kaidah ilmu tajwid tentang tanwin dan nun mati
|
4.1. Mengenal hukum idgham bila ghunnah tanwin
dan nun mati.
4.2. Mempraktikkan bacaan iqlab.
4.3. Mengidentifikasi bacaan iqlab.
|
5.
Hafal Surah al-Qari’ah
|
5.1. Membaca dengan makharijul huruf yang tepat
dan tajwid yang benar (fasih dan tartil)
5.2. Menulis kembali surah al-Qari’ah dan
menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.
5.3. Menghafal surah al-Qari’ah dengan lancar.
5.4 Menjelaskan kandungan surah al-Qari’ah
secara sederhana
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
(TINGKAT AWWALIYAH)
IDENTITAS
Mata Pelajaran : Hadits
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam/minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN al-Qur’an
Memiliki pengetahuan dan pemahaman
standar dalam lingkup Hadis dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari
KELAS III, Ssemester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami makna hadits persaudaraan,
silaturrahim dan persahabatan.
|
1.1. Menghafal bunyi hadis tentang kewajiban
ukhuwah islamiyah, silaturrahim dan persahabatan.
1.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban
ukhuwah islamiyyah, silaturrahim dan persahabatan.
1.3. Mengenal kandungan makna silaturrahim dan
hubungannya dengan ukhuwah al slamiyyah.
1.4. Mengamalkan kegiatan silaturrahim dan
persahabatan sejati (al-hubb fillah) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami hadis tentang rukun Iman.
|
2.1. Menghafal bunyi hadis tentang 6 rukun iman.
2.2. menterjemahkan serta menulis kembali hadis
tentang 6 rukun iman
2.3. Memberikan contoh hidup beriman kepada
Allah, Malaikat, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, Hari Kiamat dan Takdir
Allah SWT di mana saja berada.
|
3.
Memahami hadis tentang pentingnya sikap pemaaf dan penyayang kepada
sesama makhluk Allah.
|
3.1. Menghafal teks hadis tentang kewajiban bersikap
pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.2. Menterjemahkan hadis tentang kewajiban
bersikap pemaaf dan penyayang kepada sesama makhluk Allah SWT.
3.3. Memberikan contoh sikap pemaaf dan
penyayang, baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan.
3.4. Menampilkan perilaku pemaaf dan penyayang
baik kepada sesama manusia, tumbuhan dan hewan.
|
4.
Memahami hadis tentang muslim/muslimah yang paling baik.
|
4.1. Menghafal teks hadis tentang sebaik-baiknya
manusia adalam yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.
4.2. Menterjemahkan hadis tentang sebaik-baik
manusia adalam paling bermanfaat bagi manusia lainnya..
4.3. Mengenal jati diri muslim/muslimah yang
baik, seperti toleransi (at-Tasamuh), adil (Ad-Adl), dan moderat (At-
Tawassuth) kepada sesama makhluk Allah.
4.4. Menampilkan rasa bangga sebagai
muslim/muslimah Indonesia.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akidah
Jumlah Jam Pelajaran :
4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akidah dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS III semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dan menjelaskan bentuk-bentuk
tauhid dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1. Menjelaskan relasi iman, Islam dan Ihsan.
1.2. Menjelaskan hubungan fungsional antara
Tauhid dan Akhlak.
1.3. Menyebutkan dalil tentang hubungan Iman,
Islam dan Ihsan.
1.4. Menampilkan perilaku “tauhidy” dalam
kehidupan keseharian.
|
2.
Memahami dan meyakini serta mengimani Allah sebagai Rabbul ‘Alamin.
|
2.1. Menjelaskan hakikat iman kepada Allah sebagai
Rabbul ‘Alamin.
2.2. Menjelaskan perbedaan Kholiq dan makhluq
mengenali Dzat, sifat, dan afal-Nya.
2.3. Menguraikan dan menjelaskan sifat-sifat
Wajib Allah (sifat Nafsiyah, Salbiyah, Ma’ani dan Ma’Nawiyah), sifat Mustahil
bagi Allah dan sifat Jaiz bagi Allah.
2.4. Menjelaskan makna Al Asma’ al
Husna dan implementasinya bagi manusia sebagai makhluk Allah RAbbul ‘Alamin.
2.5 Menyebutkan dalil tentang iman kepada Allah
SWT.
|
3.
Memahami dan meyakini kebesaran Allah dan mensikapinya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
3.1. Menjelaskan makna dan impelmentasi
dzikrullah.
3.2. Menjelaskan makna dan implementasi tafakkur
dan tadabbur.
3.3. Menampilkan perilaku syukur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Akhlak
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN FIKIH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Akhlak dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS III semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal Akhlak Mahmudah serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.1. Menyebutkan pengertian akhlak mamhmudah
1.2. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada Allah..
1.3. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
Allah (Syukur,Sabar, Ikhlas).
1.4. Mengenal kiah orang-orang yang bersyukur,
sabar, ikhlas.
1.5. Menyebutkan dalil-dalil
tentang berakhlak mahmudah kepada Allah (syukur, Sabar, Ikhlas).
|
2.
Membiasakan diri berakhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1. Menyebutkan akhlak mahmudah kepada diri
sendiri..
2.2. Menampilkan diri berakhlak mahmudah kepada
diri sendiri meliputi Qana’ah, Tawadlu’, Syaja’ah, dan samahah.
2.3. Mengenal kisah orang-orang yang Qana’ah,
Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
2.4. Menyebutkan dalil-dalil
tentang Qana’ah Tawadlu’, Syaja’ah, dan Samahah.
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Tarikh/SKI
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN TARIKH
Memiliki
pengetahuan dan pemahaman standar dalam lingkup Tarikh dan mempraktikkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS III semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Mengenal sejarah Nabi uhammad SAW pada
masa Kenabian Periode Mekah
|
1.2. Menceritakan kehidupan
Muhamad SAW menjelang pengangkatan kenabian
2.2. Menceritakan kisah pengangkatan kenabian
Muhammad SAW.
3.2. Menceritakan keadan Muhammad dan keluarga
di awal kerasulannya.
4.2. Mengenal ayat-ayat al-Qur’an yang turun di
masa awal kenabian Muhammad SAW.
5.2. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
penjiwaan terhadap kenabian Muhammad SAW.
6.2. Menceritakan tentang da’wah Rasulullah SAW
secara sembunyi-sembunyi.
7.2. menyebutkan nama-nama sahabat yang masuk
Islam.
8.2. Menyebutkan pelajaran yang
diambil dari metode berdakwah di masa awal.
9.2. Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
penjiwaan terhadap perjuangan Rasulullah di masa awal da’wah.
|
2. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada masa
Kenabian Periode Madinah
|
1.2. Menjelaskan Struktur social
masyarakat Madinah khususnya persaingan antar suku.
2.2. Menyebutkan factor-faktor
yang menyebabkan masyarakat Madinah menerima Islam.
3.2. Menjelaskan keadaan ekonomi
masyarakat Madinah.
4.2 Menjelaskan perkembangan
da’wah rasulullah di Madinah.
5.2. Menjelaskan peran Nabi dalam
menyatukan kelompok Muhajirin dan Anshar
6.2. Menjelaskan perkembangan kondisi social dan
kehidupan beragama di Madinah.
7.2. Menceritakan gangguan kaum
kafir Quraisy terhadap kaum muslimin Mekkah dan Madinah.
8.2. Mengenal peristiwa perang
Badar dan Uhud
9.2. Menjelaskan peristiwa
perjanjian Hudaibiyah
10.2.Mencerminkan perilaku
toleransi dalam dalam beragama sebagaimana keragaman agama di Madinah.
11.2. Mengenal sebab-sebab dan
peristiwa peperangan yang diikuti Rasulullah (ghazwah)
12.2. Mengenal sebab-sebab dan
peristiwa peperangan yang diikuti sahabat Rasulullah (Sariyyah)
13.2. Menyebut nama-nama
peperangan yang diikuti Rasulullah dan para Sahabatnya.
14.2. Mencerminkan sikap anti
kekerasan dalam berda’wah dan menanamkan metode da’wah secara damai.
|
3. Mengenal Sejarah Nabi Muhammad SAW pada
Masa akhir hayatnya.
|
3.2.
Menjelaskan
peristiwa Haji wada’
3.3.
Menjelaskan
peristiwa Amul Fath
3.4.
Memahami isi
khutbah haji wada’
3.5.
Menceritakan
kisah wafatnya Rasulullah SAW.
3.6.
Memahami
Muhammad, Nabi/Rasul akhir zaman
|
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR (SKKD)
MADRASAH DINIYAH PUTRI AL ISHLAHUDDINY
KEDIRI LOMBOK BARAT
IDENTITAS
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Jumlah Jam
Pelajaran : 4 (empat) jam / minggu
Waktu : 40 Menit
Jenis
Pendidikan : Madrasah Diniyah
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MATA
PELAJARAN BAHASA ARAB
Memiliki pengetahuan dan pemahaman standar
dalam lingkup Bahasa Arab dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.
KELAS III semester 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan
tema-tema pokok yang berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadits,
aqiqah, akhlak, fiqih dan tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat
sederhana (mubtada dan khabar)
|
5.1. Membaca teks berbahasa arab sederhana yang
sesuai dengan tema dlam materi pokok dengan menggunakan 10-15 mufradat baru
dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
5.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dlam materi pokok dengn menggunkan mufradat baru.
5.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
5.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi :
|
2.
Menguasai 120 kosakata baru sesuai dengan tema-tema pokok yang
berkorelasi dengan mata pelajaran al-Qur’an, hadis, aqiqah, akhlak, fiqih dan
tarikh dengan penekanan pada struktur kalimat sederhana yang meliputi
|
6.1. Membaca teks berbahasa Arab sederhana yang
sesuai dengan tema dalam materi pokok
dengan menggunakan 10-15 mufradat baru dengan alokasi waktu 4 jam pelajaran.
6.2. menulis teks berbahasa Arab secara terpisah
dan digabung sesuai tema dalam materi pokok dengn menggunakan mufradat baru.
6.3. Menyebutkan mufradat baru beserta artinya
sesuai dengan tema pokok.
6.4. Melakukan dialog (muhadatsah) sederhana.
6.4. Mengenal unsure-unsur kalimat dalam
struktur bahasa Arab yang meliputi
|
Kepala MD Putri Al
Ishlahuddiny,
Dra.Hj.Hasibah
Ibrahim
|
Kediri, Juli
2014
Kepala Madrasah,
H.M.Ihsan,S.Pd.
|
No comments:
Post a Comment